AgamaHeadlineTokoh

Alumni Timur Tengah Antusias Menyambut Putra Maha Guru Syaikh Muhammad Ismail Usman Zain Al-Makky.

PRAYA, QOLAMA.COM | Para Alumni Makkah-Madinah (Haramain) atau Khurrijil Haramain yang ada di NTB mulai 16-19 Januari 2020 akan berkumpul di Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Darek Praya Barat Daya dalam rangka Dauroh Ilmiah Ke VIII yang dihadiri langsung oleh Syaikh Dr. Muhammad Ismail Usman Zain Al-Makky.

Pimpinan Pondok Pesantren Manhalul Maarif TGH. Ma’arif Makmun Diranse dalam sambutannya pada acara pembukaan, Kamis (16/1/2020) menyampaikan terimakasihnya kepada semua alumni yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri dan menyambut kedatangan Syech Muhammad Bin Ismail Zain Al Makky.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran syaikh dan segenap Alumni Haramain serta para tamu undangan, walaupun cuacanya agak panas, tetapi antusiasme mengaji sangat luarbiasa. Terbukti yang hadir ini tidak hanya dari sekitaran Lombok tetapi juga ada yang datang jauh-jauh dari jawa” Tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Dauroh Ilmiah VIII TGH. Asrorul Haq, Lc, mengungkapkan, kedatangan ulama yang merupakan putra dari Syaikh Ismail ini disambut antusias tidak hanya oleh para para Alumni Haramain (Makkah-Madinah) melainkan juga alumni-alumi dari negara timur tengah yang lain seperti Yaman, Mesir dan Yordania.

“Saya melihat yang menyambut beliau hari ini tidak hanya Alumni Haramain, tetapi juga alumni Yaman, Mesir dan Yordania” Jelas TGH. Asrorul Haq, Lc.

Syaikh yang juga Guru Besar Universitas King Abdul Aziz Jeddah ini dijadwalkan akan mengisi Dauroh Ilmiah dengan membuka kitab berjudul
المقاصد الباسطة لبيان تنوع العالم إلى ملك وملكوت وواسطة

“Acara Dauroh di Darek akan berlangsung sampai hari Ahad sore (19/1/2020) dan malam Senin acara di Paok Tawah, hari seninnya beliau langsung terbang” Jelas Tuan Guru Alumni Madrasah Shalatiyah Makkah ini.

Syech Muhammad merupakan putra dari Al-‘Alim Al-‘Allamah Al-Maghfurlah Syaikh Ismail yang menjadi guru ulama-ulama Nusantara, khususnya ulama-ulama Jawa, Madura dan Lombok sekitar tahun 80-an di Tanah Suci Makkah.

Nama lengkapnya adalah Asy-Syaikh Dr. Muhammad bin Ismail bin Ismail bin Usman bin Ali bin Salim bin Abdurrahman bin Abi Ghaits bin Ibrahim bin Ismail bin Muhammad az-Zain Al-Makki. Ulama muda ini merupakan salah satu tokoh berpengaruh berhaluan Aswaja (Ahlus Sunnah wal Jamaah) bermadzhab Syafi’i yang ada di Arab Saudi.

Setiap harinya, selain menjadi dosen dan Guru Besar dan mengisi kuliah umum di beberapa negara, Syaikh Muhammad juga senantiasa membuka pengajian kitab umum untuk santri-santrinya yang kebanyakan dari Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button
Close