HeadlineKesehatanMataram

Antisipasi Virus Corona, Masyarakat Diminta Terapkan Pola Hidup Sehat.

MATARAM – QOLAMA.COM | Sebagai langkah antisipatif penularan virus corona, masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat diminta bisa menerapkan pola hidup sehat, dengan mencuci tangan sebelum makan, termasuk mengenakan masker ketika berada di area publik seperti bandara, termasuk ketika berpergian ke negara yang terkena virus tersebut.

“Langkah antisipatif untuk bisa terhindar dari penularan virus tersebut, menerapkan pola hidup sehat, salah satu paling sederhana, membiasakan mencuci tangan sebelum makan” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi di Mataram, Selasa 28 Januari 2020.

Langkah antisipatif mewabahnhnya virus Corona di NTB antara lain dengan bersurat ke seluruh Rumah Sakit di Kabupaten dan Kota wilayah NTB untuk melakukan tindakan antisipatif, dengan mengaktifkan ruangan isolasi, untuk mengantisipasi jika kasus Corona menyebar.

Menurutnya, Dinas Kesehatan juga sudah mengimbau Rumah Sakit untuk segera berkoordinasi bisa menemukan pasien dengan gejala klinis menyerupai Corona.

Masyarakat juga diharapkan segera melaporkan jika menemukan orang yang mengalami batuk, pilek, panas dan pernah punya riwayat berkunjung atau kontak langsung dengan orang yang datang dari Wuhan, China.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Lalu. Gita Ariyadi menambahkan, untuk memberikan informasi benar dan sebagai langkah koordinasi terkait penanganan virus Corona di NTB, Pemprov menyiapkan Corona Crisis center.

Crisis Center akan melayani berbagai hal terkait informasi dan pertanyaan yang masuk dari seluruh masyarakat, pembaruan data-data dan situasi terkini, termasuk berbagai penanganan medis yang dibutuhkan masyarakat.

“3 C yang kita buat harus menjadi pusat informasi, treatment medic, serta rescue and recovery”, tegas Miq Gita memberikan instruksi.

Sekda juga berharap agar seluruh OPD terkait mendukung penuh C3 yang dibentuk, dengan segera memberikan data dan informasi yang terbaru, terkait perkembangan pariwisata di NTB, perkembangan mahasiswa di China, serta persiapan NTB menutup serta menangkal kemungkinan masuknya corona dari berbagai pintu moda transportasi baik darat, laut dan udara.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya atau terpengaruh oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dalam penyebaran informasi yang tak jelas.

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button
Close