Flash NewsHeadlinePendidikanTekhnologi

Bersama Google, Maarif Institute Gali Potensi Kreator-Kreator Muda NTB

MATARAM, QOLAMA.COM | Maarif Institute for Culture and Humanity bekerjasama dengan google, Cameo Projeck, Yayasan Ruanguru dan Peace Generation mengadakan Both Camp Creatormuda Academy Mataram (CMA) di Hotel Aston Iin, Mataram pada Kamis sampai Jumat (19-20/9) Kemarin.

Kegiatan yang diikuti ratusan siswa-siswi pengelola Majalah Dinding Sekolah Tingkat SMA/ SMK se NTB ini berlangsung serentak di 9 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, Makassar, Pontianak, Padang, Mataram, dan Bandung.

Khelmy K. Pribadi, Direktur Program MAARIF Institute dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah Upaya pemerintah dalam penguatan literasi digital dan mendorong anak-anak muda untuk menciptakan konten-konten positif dan kampanye keberagaman di Media Sosial dan Internet.

Dikatakannya, di era disrupsi seperti sekarang ini, hal-hal negatif seperti fitnah, hoax, ujaran kebencian sangat mudah ditemui di berbagai aplikasi. Celakanya, hal ini berimbas pada fragmentasi sosial yang mengancam keberagaman dan keutuhan berbangsa.

“Creatormuda Academy mempertemukan 270 pelajar SMA/sederajat se-NTB, berbicara isu-isu kekinian dan memberikan inspirasi ke mereka, peran apa saja yang bisa dimainkan anak muda saat ini” Ungkapnya.

Senada dengan itu, Direktur Eksekutif MAARIF Institute Abd. Rohim Ghazali menyampaikan, melalui kegiatan ini, anak-anak muda ini diharapkan dapat terlibat aktif membuat, mengunggah, dan menyebarluaskannya hal-hal positif melalui kanal-kanal di Internet.

Ia menambahkan, dari 270 peserta yang mengikuti Creatormuda, 50 orang peserta akan dipilih untuk mengikuti Bootcamp yang akan melatih mereka keterampilan menulis, desain grafis, foto dan videografi.

“Muaranya nanti, setelah mereka memiliki skill, mereka bisa berkreasi di semua kanal internet, kami juga sudah menyiapkan platform online bernama madingsekolah.id, nanti mereka akan banyak mengisi disitu” Ungkapnya.

Dalam sesi Mading Talks, para peserta disuguhi materi bermutu oleh penulis dan pebisnis muda Fahd “Djibran” Pahdepie.

Fahd yang juga salah seorang 20 pemimpin muda berpengaruh versi Australia-ASEAN Emerging Leaders Program ini berbagi inspirasi dan memotivasi peserta agar mengambil peran sebagai konten creator yang karyanya bisa berdampak bagi dunia.

“Konten anda tidak cukup hanya berhenti di keren saja. Tapi juga harus berdampak baik bagi kehidupan manusia terutama di era milenial” ungkapnya.

Cek juga

Close
Back to top button
Close