HeadlineLife Style

Gaungkan Budaya dan Kerajinan NTB Mendunia, KPID dan Dekranasda Jalin Kerjasama.

Ads

MATARAM – QOLAMA.COM | Sebagai upaya menggaungkan berbagai kekayaan budaya dan kesenian lokal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB.

“Kerjasama dilakukan untuk mengenalkan berbagai produk budaya dan kerajinan rakyat NTB, pada rangkaian kegiatan perayaan dan menyambut malam puncak penganugerahan lembaga penyiaran NTB, bertajuk siaran sehat untuk NTB Gemilang, yang akan digelar 7 November 2019” kata Ketua KPUD NTB di Mataram, Yusron Saudi

Keikutsertaan Dekranasda NTB dalam ajang bergengsi KPID NTB tersebut, adalah untuk mendorong Lembaga-lembaga penyiaran publik, baik TV maupun Radio agar aktif menyuguhkan kontens lokal, terutama berbagai produk budaya dan kerajinan rakyat NTB yang kaya dan beragam.

Salah satunya, dalam puncak acara penganugrahan tersebut, Dekranasda NTB, akan mengisi acara fashion show yang menampilkan karya-karya terbaik para desainer menggunakan pakaian berbahan kain tenun khas NTB.

“Diharapkan dengan keikutsertaan semua media masa di daerah pada ajang ini termasuk KPI Pusat, akan dapat membantu mempromosikan kerajinan kita di seluruh Indonesia,” jelas Yusron.

Menurutnya, Antusiasme pengelola media TV dan radio cukup besar untuk menyuguhkan kontens budaya dan kerajinan lokal ini. TVRI NTB sendiri bahkan membuat acara khusus mengenai kelokalan di daerah, ujarnya. Demikian juga, SCTV yang memuat siaran lokal juga tak mau ketinggalan sama-sama menggaungkan daerah kita, tandas Yusron.

Ketua Deskranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati menegaskan bahwa keikutsertaan Dekranasda dalam ajang penganugerahan KPID NTB ini adalah momen mengenalkan dan memasarkan produk-produk kerajinan rakyat di pasar nasional maupun internasional dengan menggunakan media penyiaran, khususnya media TV berjaringan (SSJ).

Niken juga berjanji akan memfasilitasi dan menyiapkan narasumber bagi media yang hendak meliput mengenai kerajinan tradisional di seluruh Wilayah NTB.
Dukungan tersebut sebagai bentuk komitmen lembaga penyiaran dalam memenuhi undang-undang penyiaran dalam hal isi siaran yang berkualitas. Terutama dalam hal memenuhi sepuluh persen konten lokal.

Dalam kegiatan malam anugerah penyiaran itu, sebanyak 67 lembaga penyiaran seperti TV dan Radio lokal akan diundang dan berpartisipasi pada gelaran tersebut.

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: