HeadlineMataramPendidikan

Gubernur dan Menag Resmikan Sembilan Gedung Baru UIN Mataram

MATARAM, QOLAMA.COM | Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan sembilan Gedung Baru dan Infrastruktur Pendukung Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Selasa (15/10/2019).

Sembilan gedung UIN Mataram yang diresmikan itu antara lain, Gedung Klinik, Auditorium, Laboratorium, ruang kelas, Perpustakaan, IC City Center, Training Center, Lesson center.

gubernur-menag-resmkan-gedung-uin-mataram
Gubernur NTB dan Menag Lukman Hakim Saefudin Meresmikan 9 Gedung Baru UIN Mataram, Selasa, (15/10) Foto. Ist

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah saat Soft Launching Proyek Pembangunan UIN Mataram tersebut mengatakan, UIN Mataram memiliki peran besar di tengah arus informasi dan teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Terutama, karena UIN berbasis agama, kampus ini diharapkan bisa menjadi penyejuk jiwa dan pembimbing masyarakat ke arah hidup yang lebih baik.

Ditambahkan orang nomor satu di NTB ini, perkembangan tekhnologi informasi saat ini tidak mengharuskan lulusan Universitas harus kerja sesuai dengan jurusannya, bahkan dikatakannya, saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang lebih memilih untuk menjadi pegiat di media sosial.

“Harapan kita UIN bisa menjadi penyejuk jiwa disaat informasi yang kita dapatkan tak bisa kita bedakan mana yang asli dan mana yang tidak, sehingga prinsip kehati-hatian dalam menyebarkan informasi tidak menyesatkan masyarakat” Ungkapnya.

Karena itu, dengan dibangunnya Gedung baru UIN Mataram ini, ia berharap, UIN dapat mengembangkan tekhologi terkini seperti Artificial Intelegence (AI) yang mampu menyaring informasi dan menghadirkan interaksi sosial yang menyejukkan bagi masyarakat.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin berharap, akhir tahun ini pembangunan gedung UIN Mataram bisa diselesaikan 100 persen sehingga seluruh fasilitas segera bisa dimanfaatkan seluruh civitas academica UIN Mataram.

Ia berpesan, agar civitas akademika UIN Mataram dapat menggunakan gedung baru yang telah dibangun ini dengan maksimal.

“Meski benda mati, namun bermanfaat atau tidaknya tergantung pada seluruh civitas akademika UIN Mataram. Saya mengajak agar gedung ini diberikan ruh agar hidup, ruhnya kegiatan-kegiatan serta kebersamaan untuk merawat dan memanfaatkannya” Pesannya.

Lukman sempat menyinggung cara-cara Mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya.

“Kalo demo Mahasiswa sering terpancing emosinya, sehingga kadang secara tidak sadar merusak fasilitas umum termasuk kampus, ini tidak elok” Kata Lukman

Karena itu, ia berharap kepada mahasiswa UIN Mataram agar ikut menjaga semua fasilitas yang sudah disipkan UIN Mataram.

“Menyampaikan aspirasi sangat boleh, tapi harus dengan cara yang baik, tidak anarkis dan mengedepankan musyawarah dan menggunakan nalar dan intelektualisme”.  Tandas Lukman.

gubernur-menag-resmikan-uin-mataram
Tampak Tokoh Kharismatik Nahdlatul Ulama bersalaman dengan Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah saat Soft Lounching 9 Gedung Baru UIN Mataram, Selasa (15/10) di Mataram. Foto. Ist

Acara Soft Lounching 9 Gedung Baru UIN Mataram selain dihadiri oleh Seluruh Civitas Akademika UIN Mataram juga dihadiri ratusan undangan dari unsur Pemerintah, Unsur Swasta, TNI dan Polri serta tokoh masyarakat.

Tampak diundang juga Tokoh Kharismatik Nahdlatul Ulama TGH. L. M. Turmudzi Badarudin Pimpinan Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah. []

Tinggalkan Balasan

Cek juga

Close
Back to top button
Close