HeadlineLingkungan

Hijaukan Hutan, Danrem 162/WB Ajak Masyarakat Ikut Terlibat

BATUKLIANG, QOLAMA.COM | Wakil Bupati Loteng H.L. Pathul Bahri, SP bersama TNI dari Danrem 162/WB dan rombongan The 6 th Asia Pacific Georpark Network (APGN) dari 30 negara melaksanakan penanaman bibit pohon di Dusun Pemotoh Tengah Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Loteng, Rabu (4/9).

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han. menjelaskan, Dipilihnya Batukliang sebagai lokasi penanaman bibit karena lokasi ini termonitor satelit termasuk wilayah yang potensial terjadi kebakaran akibat kemarau dan kekeringan.

Dijelaskannya, musim kemarau dan kekeringan yang dialami NTB saat ini hampir setiap tahun membuat beberapa titik hotspot di wilayah NTB sangat kering dan berpotensi terbakar sehingga pemetintah meminimalisirnya dengan program penghijauan dalam bentuk penanaman bibit.

“Tidak mesti titik rawan kebabkaran yang termonitor satelit berasal dari kebakaran hutan, tapi bisa juga dari pembakaran jerami yang dilakukan masyarakat” Jelasnya.

Ia juga menjelaskan, selain untuk mengantisipasi kebakaran hutan, tujuan lain dari penanaman bibit pohon ini adalah menghidupkan lahan-lahan tandus, mengembalikan fungsi hutan baik fungsi ekonomis maupun sebagai penampung cadangan air, mencegah banjir, erosi, tanah longsor, memproduksi oksigen serta mengurangi polusi udara.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam program ini, ikut menjaga hutan dengan sebaik-baiknya sembari saling ingatkan sesama warga agar tidak melakukan pembakaran hutan sembarangan.

“Karena dampak positifnya besar, dua tahun terakhir ini Kodim jajaran Korem telah ikut serta mengikuti program penghijauan di hampir 2000 hektar lahan. Karena itu mari kami menhajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi juga.” Tandasnya.

Cek juga

Close
Back to top button
Close