EkbisHeadlinePariwisata

Kopi Robusta Desa Seteling Lombok Siap Tembus Pasar Dunia.

Ads

LOMBOK TENGAH – QOLAMA.COM | Selain terkenal akan keindahan destinasi wisata alam air terjun, kawasan Aik Berik, Desa Seteling, Kecamatan Batu Kliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat juga dikenal akan kenikmatan kopi robustanya.

“Bicara soal rasa, kopi robusta Seteling Batukliang tidak kalah enak dengan kopi terkenal lain di Indonesia seperti kopi Jawa dan Aceh dan banyak diskusi wisatawan, karena itulah kopi robusta siap tembus pasar dunia” kata petani kopi Seteling, Khairudi, Minggu (29/9/2019).

Dikatakan, masyarakat Desa Seteling hampir 90 persen merupaka penghasil kopi, tapi yang menjadi kendala sampai sekarang, belum memiliki pasar yang cerah dan menjanjikan. Karena itulah Pemda Loteng diharapkan bisa membantu terus membuka akses pemasaran dan promosi.

Meski memang diakuinya, Pemprov NTB dan Pemda Loteng pada 2015 pernah mengajarkan cara mengembangkan dan memasarkan kopi robusta yang berasal dari desa Seteling ke pasar nasional bahkan dunia internasioanl, sebagai upaya untuk menaikan nama produksi Kopi Desa Seteling BKU.

“Pabrik pabrik besar pun mulai mengincar kopi dari Batukliang, karena memiliki rasa yang khas dan banyak yang mengatakan lebih pahit dan memiliki rasa yang beragam”

Wisatawan yang pernah berkunjung juga mengakui akan kenikmatan kopi robusta Desa Seteling Batukliang. Dari pengakuan tersebut sebenarnya menjadi bukti, kalau kopi robusta Seteling tidak kalah dengan kopi lain di Indonesia dan bisa dilirik pasar dunia.

Wakil Bupati Lombok Tengah, Pathul Bahri sebelumnya mengatakan, Hortipark Desa Seteling merupakan daerah destinasi wisata yang cukup potensial dan akan berkembang dimasa depan. Apalagi dengan keberadaan kopi robusta.

Bukan hanya kek Mandalika kedepan yang akan menjadi incaran para wisatawan, wilayah Utara juga akan menjadi perhatian serius Pemda loteng. BKU misalkan kawasan yang dekat dengan Gunung Rinjani sebagai aset yanh harus dipelihara. Dimana para petani saat ini sedang gencar mempromosikan hasil kebun mereka yakni Kopi Robusta.

“Sekarang bukan hanya kerajinan tangan yang menjadi buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok Tengah akan tetapi kopi Robusta BKU Lombok Tengah perlu di coba karna memiliki rasa yang begitu nikmat dan khas” katanya.

Cek juga
Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: