HeadlinePendidikan
Trending

Kreatif, Literasi di Sekolah dengan Sampah

SUMBAWA BARAT, QOLAMA.COM | Sekolah Dasar Negeri Kejawat Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat membuat sebuah inovasi literasi dan numerasi siswa melalui pojok baca di dalam dan luar ruangan kelas. Pojok baca yang didesain dengan indah dan penuh dengan mainan dan buku pelajaran tersebut untuk membuat siswa betah dalam pelajaran.

Pojok baca yang didesain sesuai keinginan siswa itu dibuat dengan menggunakan beberapa sampah plastik seperti botol dan gelas plastik dan potongan-potongan kayu bekas. Ditata dengan baik serta peralatan praktek untuk belajar pun dari sampah plastik bekas.

Kepala sekolah SDN Kejawat, Ratnawati menjelaskan, bahwa pojok baca tersebut adalah ide dari beberapa orang tua murid yang ingin anaknya betah dalam belajar. “Orang tua murid yang tergabung dalam paguyuban sekolah yang dibentuk pada Januari 2019 lalu memberikan ide kepada kami untuk membuat pojok baca. Setelah semua setuju kami menyerahkan kepada orang tua murid untuk membuat pojok baca di dalam dan di luar ruang kelas,” kata Ratnawati saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (19/8).

Peran serta orang tua murid sangat berarti dan membantu sekolah berinovasi dalam literasi dan numerasi. Sampah plastik bekas dan potongan kayu bekas dimanfaatkan untuk membuat pojok baca lebih kreatif dengan cat warna-warni. Hasilnya, anak-anak menikmati pojok baca sambil belajar.

Selain pojok baca, sekolah mendukung orang tua murid melaksanakan penghijauan di lingkungan sekolah, memanfaatkan halaman belakang sekolah yang cukup untuk menanam beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan atau dapat dikonsumsi seperti sayur dan buah-buahan.

Sekolah yang ada di Dusun Kejawat ini memang tidak begitu dikenal orang karena lokasinya berada di Dusun tetapi hal tersebut tidak menjadikan sekolah tersebut tanpa prestasi.

“Selama tahun 2019 ini sekolah kami telah mendapat beberapa juara, seperti lomba seni tari mendapat juara 1 tingkat kecamatan Brang Rea, lomba pantonim juara dua, lomba penyanyi solo juara dua dan karya anyaman juara dua.” Ungkap Kepala Sekolah.

Selain itu, SDN Kejawat juga meraih juara 1 pada lomba Dai cilik putri dan juara 2 untuk putra pada tingkat kecamatan. Sementara di tingkat kabupaten, SDN Kejawat berhasil meraih juara tiga pada lomba karya anyaman dan juara empat pada lomba dai cilik.

“Kami juga rutin mengikuti karnaval, gerak jalan dan lomba lainnya di kecamatan dan kabupaten dengan melibatkan paguyuban orang tua siswa,” tutupnya.[]

INFOPUBLIK

Cek juga

Close
Back to top button
Close