AgamaHeadline

LTNNU Loteng Gelar Ngaji Tasawuf Bersama MWCNU Pringgabaya Lotim

PRAYA, QOLAMA.COM |Lembaga Ta’lif Wan-Nasyr (LTN) NU Kabupaten Lombok Tengah bekerjasama dengan Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur mengadakan gelaran Ngaji Tasawuf di Batujai, Praya Lombok Tengah pada Jum’at (19/9) Malam.

Ngaji Tasawuf yang berlangsung di kediaman Sekretaris LTN NU PCNU Kabupaten Lombok Tengah Ahmad Pahrurrozi ini dihadiri pengurus LTN, Sejumlah Tuan Guru Tarekat dan Jama’ah

Ngaji Tasawuf ini selain bertujuan membangun silaturrahmi antar warga NU juga ingin menghidupkan kembali tradisi ngaji tasawuf yang biasa dilakukan Ulama NU Aswaja dalam asah asuh ruhani.

Rais Syuriah Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Ustadz Manai Sofyan menjelaskan bahwa secara keilmuan dan ajaran, Tasawuf merupakan salah satu bidang pokok ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah yang kedudukannya memegang peranan penting bagi dialektika penyebaran dan perkembangan dakwah dan masyarakat islam di Nusantara, termasuk wilayah Lombok.

” Persoalan kehidupan individual, komunal, dan sosial acapkali menimbulkan kebekuan, ketegangan, hingga konflik sosial baik secara vertikal maupun horizontal. Tasawuf berperan mengharmonikannya “, tambahnya.

Ustadz Yan sapaan akrab beliau, berharap Ngaji Tasawuf seperti ini dapat seterusnya berlangsung. Nanti kita agendakan di Lombok Timur agar tetap dapat saling silaturrahmi secara giliran.

” Ngaji Tasawuf begini jarang di Lombok yang banyak itu Ngaji Fiqih padahal dua-duanya pokok dalam Aswaja An-Nahdliyah, termasuk Ilmu Ushul atau Aqidah “, jelasnya

Sekretaris LTNNU Kabupaten Lombok Tengah, Ahmad Pahrurrozi menjelaskan dengan menukil ungkapan Gus Dur, yaitu ” sesekali kita belajar dari Kisah-kisah humor para Sufi. Mereka seringkali menghentakkan batin kita dengan cerita segar dari sisi-sisi kehidupan mereka “.

Cek juga

Close
Back to top button
Close