berita lombokFlash NewsHeadlineNews

Pendamping Desa Ingatkan Pemdes, Jangan Musrenbangdes Asal-Asalan

PRAYA, QOLAMA.COM | Tim Pendamping Desa Kecamatan Praya Ema Lestiawati, MM mengakui, sebagian desa di Lombok Tengah masih melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) untuk sekedar seremonial menggugurkan kewajiban sebagai Pemerintah Desa. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Musrenbangdes Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, Senin (23/9) Hari ini.

Dikatakan Ema, karena hanya sekadar seremonial akhirnya produk perencanaannya desa cenderung hasilnya asal-asalan bahkan tidak mencerminkan kebutuhan masyarakat di desa bersangkutan.

“Kita menemukan banyak desa yang pelaksanaannya amburadul, apalagi pelaporannya. Karena itu kita kami mendampingi agar tidak terjadi hal-hal seperti itu”, Ungkapnya.

Acara Musrembangdes Desa Bunut Baok ini juga dirangkaikan dengan Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DURKP) 2021 bertempat di Aula Kantor Desa Bunut Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah.

terlihat hadir dalam kegiatan ini sejumlah perwakilan pemerintah dan masyarakat Desa, seperti Kadus se-Bunut Baok, BPD, Lembaga Desa, Perangkat Desa, perwakilan lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, dan tokoh pemuda.

Sekretaris Desa Bunut Baok Janaenah disela-sela acara menyampaikan, Perencanaan Pembangunan Desa di Bunut Baok dipastikan berlangsung partisipatif karena memang sudah menjadi hajatan pemerintah desa, untuk tahun 2020 nanti Bunut Baok sudah menjadi desa yang tingkat Transparansinya lebih baik.

“Pelaksanaan sebenarnya tergantung perencanaan. Jadi dari sejak perencanaan kita maksimalkan betul, kita minimalisir setiap kesalahan dalam perencanaan sehingga dalam pelaksanaannya nanti akan terjamin lebih baik”, Jelasnya

Janaenah juga mengapresiasi kerja Tim Pendamping Desa Kecamatan Praya yang terus membimbing selama kegiatan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, tata usaha hingga pelaporan.

“Kami sangat butuh Pendamping Desa terlebih karena Kepala Desa kami saat ini dijabat sementara oleh Camat Praya langsung” Ungkapnya.

Cek juga

Close
Back to top button
Close