Flash NewsHeadlineLombok TengahPolitik

Tauhid Sayangkan AKD DPRD Loteng Belum Terbentuk Hingga Hari ini

PRAYA, QOLAMA.COM | Setelah dilantik pada Senin (7/09) lalu, tugas dan agenda prioritas anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah periode 2019-2024 adalah membentuk alat atau badan kelengkapan dewan. Namun, AKD sampai hari ini belum terbentuk disebabkan banyaknya lobi-lobi politik antar politisi dan Partai.

Ketua DPRD Loteng M Tauhid Sip menjelaskan, sesuai dengan amanat UU, sebenarnya AKD ini harus sudah terbentuk sejak usai pelantikan sehingga pembahasan program yang lain bisa segera dilakukan.

“Sebetulnya DPRD banyak agenda terutama berkaitan dengan komunikasi kemitraan dengan Pemerintah Provinsi NTB. Banyak agenda yg harus dibahas termasuk anggaran Pilkada 2020.” Ubgkapmya.

Begitu halnya dengan pembentukan fraksi-fraksi masing-masing partai, ia mengaku sedang mempelajarinya karena pembentukan fraksi termasuk komposisinya sangat mendesak.

“Pertama bagaimana pembentukan fraksi-fraksi termasuk komposisinya. Sebab fraksi merupakan perpanjangan tangan partai di DPRD.” Ungkap Tauhid di sekretariat dewan kabupaten Lombok Tengah.

Saat ini ia sedang berupaya untuk memenuhi target selesainya pembentukan AKD tepat waktu dengan melakukan rapat-rapat kerja secara maraton.

“Semua prosedur dan mekanisme akan dijalani. Tidak ada alasan untuk memperlambat sebab tanpa AKD seperti komisi, dan badan-badan internal tentu sulit bagi dewan dalam melaksankan tiga fungsi utama yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan,” sebut M Tauhid SIP.

Untuk saat ini kata Tauhid, DPRD sedang fokus menentukan siapa bakal ketua BK agar pelaksanaan tugas-tugas di dewan lebih terjadwal dan disiplin.

“Kita tidak lagi mendengar masalah molornya jadwal waktu pada rapat rapat paripurna dan lain-lain.” Tutup M Tauhid. (RS)

Cek juga

Close
Back to top button
Close