HeadlineLingkungan

Tingkatkan Kemampuan Kebencanaan Anggota BPBD NTB Akan Dikirim ke Australian

MATARAM – QOLAMA.COM | Guna terus meningkatkan kemampuan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di bidang Kebencanaan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mengirim anggota BPBD ke Australia.

“Kemampuan anggota BPBD bidang Kebencanaan perlu ditingkatkan, apalagi NTB sendiri termasuk daerah rawan bencana” kata Gubernur NTB, Zulkiflimansyah di Mataram, Kamis 25 Juni 2020.

Nantinya anggota BPBD NTB yang dikirim akan berlatih dan bertukar wawasan dengan anggota Tim SAR yang ada di Darwin, Australia. Pelatihan atau training ini sangat penting dan dibutuhkan untuk membangun jembatan pengertian serta kemampuan untuk penanganan bencana di daerah.

Mengingat BPBD merupakan salah satu lembaga strategis, apalagi dalam situasi pendemi Covid-19 seperti saat ini, sebagai musibah non alam yang harus menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk BPBD.

“Penanggulangan berbagai bencana, baik alam maupun non alam di NTB perlu didukung SDM mumpuni yang terlatih dan memiliki keterampilan khusus di bidang kebencanaan” katanya.

Anggota BPBD yang terlatih dan memiliki skill di bidang kebencanaan bisa langsung bergerak membantu masyarakat ketika terjadi berbagai bencana. Apalagi posisi NTB yang tidak jauh dengan Darwin yang membuat komunikasi dan mobilitas saat pelatihan terbilang mudah.

Pelatihan ini juga kata Zul diperlukan untuk mendukung peralatan kebencanaan yang saat ini tersedia di BPBD seperti kendaraan operasional, baik untuk dipergunakan di daerah perairan maupun darat, termasuk kendaraan yang dimanfaatkan untuk dapur umum.

Plt. Kepala BPBD NTB, H. Ahmadi, menyambut baik tawaran Gubernur untuk melatih anggota BPBD ke Australia. Menurutnya, antara Indonesia, khususnya Provinsi NTB memiliki banyak kesamaan. Termasuk kesamaan iklim yang dapat mendukung peningkatan keterampilan para anggotanya.

“Itu suatu tawaran yang luar biasa. Biasanya kami banyak bekerjasama dengan Jepang. Nah, sekarang ada Australia lebih bagus karena secara iklim atau kondisi mirip,” ungkapnya.

Ia berharap, pelatihan kebencanaan itu dapat meningkatkan kemampuan, kecerdasan dan keahlian anggotanya.

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: