HeadlineMataramPolitik

DPRD NTB Nilai Kritik Prof. Asikin Bagus, Tapi Kurang Subtantif

“DPR itu indikator kinerjanya kualitas, yang dilihat produk-produk apa yang sudah dikerjakan, Legislasi, budgeting dan Pengawasan. Bisa jadi kalo dia kosong dia sedang di Dapil, karena kerja DPR ini 24 jam, 7 Hari”

AKHDIANSYAH, SH.I (Anggota DPRD NTB Fraksi PKB)

MATARAM, QOLAMA.COM | Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB Akhdiansyah, SH.i menyampaikan terimakasih atas kritik yang disampaikan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Mataram Prof. Zainal Asikin terkait DPRD Provinsi NTB.

BACA BERITA TERKAIT:

Asikin Kritik DPRD NTB, Molor Rapat Dua Jam Hingga Pakai Jaket dan Celana Jeans

Dikatakannya, kritik-kritik dari masyarakat terkait apapun di DPRD memang dibutuhkan selama kritik itu subtantif dan membangun.

“Bagus itu, artinya publik memberikan perhatian kepada wakilnya di Parlemen” Tegasnya.

Hanya saja menurutnya, setiap kritik mestinya disampaikan secara obyektif dan substantif. Bukan sekadar kritik normatif, mengurusi hal remeh temeh bahkan terkesan ngawur tanpa kajian yang komprehensif.

Politisi yang akrab disapa Guru To’i ini mencontohkan kritik Asikin soal busana Anggota DPRD yang katanya mirip khatib Jumat padahal semua anggota dewan telah dibagikan seragam khusus berupa Full Dress.

“Seragam itu tetap kita pakai, tapi masak kita seperti anak SMP yang pake seragam setiap hari, kita kan gak ngantor setiap hari pak” Tandasnya.

Begitupun kritik Asikin soal absensi kehadiran. Ditegaskannya, kerja DPR itu kualitatif bukan kuantitatif seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) yang indikator penilaiannya dilakukan dengan absensi.

“DPR itu indikator kinerjanya kualitas, yang dilihat produk-produk apa yang sudah dikerjakan, Legislasi, budgeting dan Pengawasan. Bisa jadi kalo dia kosong dia sedang di Dapil, karena kerja DPR ini 24 jam, 7 Hari” Tegasnya.

Kritik Asikin yang dimuat Qolama.com pada Senin, (13/1/2020) menyusul akan dibahasnya Rancangan Peraturan DPRD NTB tentang Kode Etik Dewan oleh BK DPRD NTB dalam waktu dekat. []

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button