HeadlineKesehatan

FIX! Setelah BIL, Giliran Pelabuhan Lembar Kini di Lockdown.

MATARAM – QOLAMA.COM | Setelah baru lalu menutup (Lockdown) Jalur Transportasi Penerbangan di Bandar Internasional Lombok (BIL), kini Pemprov NTB kembali menutup penyebrangan dari dan menuju pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

“Mulai diberlakukan Kamis 30 April, ini salah satu upaya pencegahan Penularan Covid 19, terutama dari masyarakat yang mudik dari luar daerah” kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu. Bayu Windiya.

Penutupan pelabuhan ini menindaklanjuti surat dari Pemprov Bali yang juga menutup pelabuhan penyebrangan Padang Bae. Meski demikian penutupan penyebrangan hanya berlaku bagi kendaraan angkutan umum penumpang dan kendaraan bermotor saja. Sementara untuk jenis mobil bus dan mobil pribadi, termasuk kendaraan bermotor perseorangan masih diperbolehkan.

“Untuk kendaraan dinas operasional dengan TNKB TNI atau Polri, kendaraan pemadam kebakaran, ambulans dan mobil jenazah, kendaraan penumpang logistik dengan tidak membawa penumpang serta kendaraan lainnya, sepanjang dalam rangka penanganan Covid-19 atau kedaruratan lain diperbolehkan” katanya.

Pembatasan layanan transportasi ini juga dikecualikan untuk kendaraan angkutan untuk repatriasi PMI dari luar negeri menuju daerah masing-masing yang dilengkapi dengan surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan hasil uji rapid test atau PCR.

Ditambahkannya, khusus penumpang umum atau pejalan kaki yang akan kembali ke daerah asalnya, juga dibolehkan dengan melengkapi persyaratan berupa surat keterangan perjalanan tertentu dari Polres setempat atau polres dimana tempat asal ia berangkat.

Terkait hal ini, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Najamuddin Amy, S.Sos, MM mengatakan, Pemprov NTB meminta masyarakat pengertian masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah termasuk larangan mudik puasa dan lebaran tahun ini.

Dikatakan Najam, masing-masing pemerintah daerah memiliki kebijakan diseuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah. Tapi tujuannya sama, memutus mata rantai Covid-19 ini.

“Larangan Mudik ini tidak lain tujuannya untuk mempercepat agar pandemi ini segera berakhir,” jelasnya.[]

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button