HeadlineLingkungan

Hari Sampah Nasional, Masyarakat Diharapkan Semakin Peduli.

MATARAM – QOLAMA.COM | Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah diharapkan bisa semakin tinggi, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah ketika menerima kunjungan Direktur Pengelolaan Limbah Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup di Ruang Kerjanya, Selasa 18 Februari 2020.

“Momentum HPSN 2020 tentu diharapkan bisa menjadi momentum bagi masyarakat agar bisa semakin peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan yang bisa menimbulkan pencemaran” kata Rohmi.

Dikatakan, berbicara terkait sampah, erat kaitannya dalam mengubah pola pikir masyarakat, di NTB sendiri, ‘virus’ zero waste sudah menyebar di berbagai kalangan, baik sekolah maupun masyarakat.

Sejak munculnya program Zero Waste sebagai program prioritas di NTB, banyak masyarakat yang mulai peduli khususnya anak-anak sekolah. Rohmi mengaku sangat mendukung kegiatan HPSN yang akan dilaksanakan pada 22 Maret 2020 mendatang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Event ini nantinya bukan hanya seremonial saja, tetapi harus terus berkelanjutan. Khususnya di wilayah sungai dan pantai harus lebih diperhatikan,” ungap Rohmi.

Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Henri Bastaman menyampaikan bahwa akan meluncurkan HPSN di 5 daerah wisata super premium di Indonesia. Salah satunya Kuta Mandalika Lombok Tengah.

“Berbagai langkah untuk mengkoordinasikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Hal ini sebagai upaya pemerintah pusat untuk mengurangi sampah,” jelasnya.

Henri berharap agar kegiatan ini nantinya dapat bersinergi dengan berbagai pihak dan menjadi event yang berkelanjutan. HPSN ini nantinya juga dirangkaikan dengan sosialisasi bahaya merkuri yang akan disampaikan oleh Yun Insiani Direktur Pengelolaan B3.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button