HeadlineLife Style

Niken; Seni Budaya Merupakan Aset Bangsa Yang Harus Tetap Dijaga.

MATARAM – QOLAMA.COM | Selain Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia termasuk seni budaya merupakan aset yang mesti harus dijaga, sebagai warisan dan kekayaan bangsa Indonesia.

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah Islami Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati ketika membuka Pagelaran Musik Islami, di Taman Budaya NTB, Senin, 24 Agustus 2020.

Niken mengemukakan makna pentingnya kebudayaan dalam kehidupan manusia sebagai aset suatu daerah atau bangsa, bukan dari kekayaan alam semata. Melainkan juga manusianya. Dan budayawan, merupakan salah satu aset yang sangat penting.

Ketika suatu daerah maju, maka kesenian dan kebudayaan menjadi bagian yang sangat penting dan menjadi ciri khas atau keunikan tersendiri suatu daerah.

“Termasuk kesenian islami bisa terus berkembang di tengah pandemi dan berharap lebih banyak generasi muda NTB yang bisa mewarisi seni budaya” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aidy Furqan mengatakan, dimensi kebudayaan ada untuk menumbuhkan rasa estetika. Rangkaian kegiatan ini seharusnya rutin dilaksanakan, tapi karena pandemi menjadi terbatas, meski demikian, dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai informasi, untuk menyeimbangkan tata kelola mengasah logika, Dikbud menyiapkan ‘Pojok Ekspresi’ untuk mengembangkan kreativitas anak-anak NTB agar bisa merasakan berkesenian yang baik.

“Aktivitas kebudayaan seperti ini menjadi perekat kita yang sangat luar biasa, dari semua jenjang pendidikan,” tambahnya.

Dalama kesempatan tersebut juga dirangkaikan dengan acara penyerahan bantuan Covid-19 kepada para seniman dan budayawan di Mataram. Bantuan ini untuk membantu dan penyemangat dalam menghadapi pandemi.

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button