EkbisHeadline

Pascasarjana UIN Bedah Buku Etika Dan Moralitas EI

MATARAM, QOLAMA.COM | Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menyelenggarakan bedah buku “Etika dan Moralitas Ekonomi Syariah” karya dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. H. Shofiullah Muzammil, M.Ag di Aula NU NTB, Jum’at. (29/11/2019).

Acara yang dihadiri oleh puluhan dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN ini menampilkan pakar ekonomi syariah yang juga dosen Pascasarjana UIN Mataram Dr. H. Zaidi Abdad, M.Ag.

Dalam paparannya, penulis buku Dr. H. Shofiullah Muzammil mengatakan, fokus kajian buku ini pada etika ekonomi syariah dengan tujuan memperkaya khazanah literatur UIN yang memang agak kurang dalam tema ini.

Selain itu dikatakannya, buku ini juga diharapkan sebagai panduan praktis yang bisa membantu praktisi dan akademisi dalam mendalami moral etik dalam praktik-praktik ekonomi syariah ditengah masyarakat.

“Terlepas dari itu, buku ini saya rasa masih jauh dari sempurna, karena itu, salah satu tujuannya membedah buku ini untuk menyerap saran dan masukan untuk perbaikan di edisi-edisi berikutnya” Ungkapnya.

Sementara itu, Dr. H. Zaidi Abdad, mengatakan, buku ini sangat bagus karena salah satunya mengulas panjang lebar soal Riba dan Bunga Bank.

Dikatakan Zaidi Abdad, Bunga Bank selama ini selalu memantik kontroversi karena para ulama memang memiliki pendapat yang beragam soal ini. Sehingga, dengan terbitnya buku ini, soal-soal yang masih debatable bisa lebih jelas dijelaskan penulis yang memang background pendidikannya Syariah.

“Buku ini boleh dikatakan kritik esensial khususnya tentang bunga bank dan riba. Sarannya, buku ini penting dibumbui denga perspektif syadiah dan lebih luas mencantumkan dalil-dalil syara’ baik dari Al Qiran dan As Sunnah.” Kata Zaidi Abdad.

Selebihnya, ia mengaku bangga dengan terbitnya buku ini. Karena menambah khazanah akademik di Universitas Islam Negeri khususnya Fakultas Syariah jurusan ekonomi dan perbankan.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button