HeadlineIqro'Politik

Penundaan Pilkades, Antara Peluang dan Kesempatan

“Kita harapkan penundaan pilkades bisa melahirkan pilkades yang baik serta dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas”

WAHYU SATRIADI

*Ketua GP Ansor PCNU Lombok Tengah

Keluarnya Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tentang Penundaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini sontak membuat publik Lombok Tengah kaget. Pasalnya, tahapan Pilkades dalam Surat Keputusan Bupati Lombok Tengah tentang Pilkades dan PAW sudah memasuki kampanye dan pengadaan logistik dan segera akan pencoblosan pada 26 Agustus 2020.

Keputusan Kemendagri tersebut direspon perwakilan calon kepala desa dari 16 desa di Lombok Tengah dengan demonstrasi bahkan mengancam akan memboikot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang juga akan dilaksanakan Desember mendatang.

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah tentu saja saat ini salam posisi dilematis. Di satu sisi, penundaan pilkades memang logis sebab karena kita dalam situasi darurat pandemic Covid-19 yang juga belum berakhir. Tapi disisi lainnya, para calon kades kita tahu sudah berbulan-bulan menguras waktu, tenaga, dan uang untuk menyiapkan dirinya dalam perhelatan pilkades ini.

Dapat kita bayangkan, bagaimana situasi kebatinan para calon kades ini. Yakin saya, saat ini mereka tidak lagi memikirkan soal kalah dan menang menjadi Kades, tetapi kepastian apakah pilkades akan dilaksanakan atau tidak membuat mereka saat ini dalam posisi digantung.

Untuk itu, Bupati telah bersurat kepada Kemendagri dan meminta ijin melaksanakan Pilkades tahun ini agar tak terjadi gejolak ditengah masyatakat. Namun, bagaimana jika Kemndagri tidak mengijinkan?

Maka disini Pemda harus berhati-hati dalam mengambil sikap. Harus dicarikan solusi yang tepat  seraya mengupayakan agar ada kepastian kapan pilkades dilaksanakan dan memastikan pelaksanaan Pilkades yang lebih baik dan matang.

Merampungkan hiruk pikuk pilkada Bupati dan Calon Bupati 9 Desember 2020 tentu akan lebih baik tetapi pemda harus juga mengakomodir kepentingan calon kades yang saat ini telah mengorbankan banyak hal.

Dengan demikian, kita harapkan penundaan pilkades bisa melahirkan pilkades yang baik serta dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.[]

RUBRIK IQRO’ | Anda dapat ikut mengisi rubrik ini dengan mengirimkan Tulisan berupa Gagasan, Opini dengan tema apapun. Redaksi akan memuatnya sepanjang tidak bertentangan dengan Nurani dan Akal Sehat. Kirim Tulisan anda beserta foto ke Email : Qolamacreative@gmail.com

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button