HeadlinePendidikan

UNU NTB Jalin Kerjasama Riset Digital dan Pemberdayaan Perempuan.

MATARAM – QOLAMA.COM | Setelah sebelumnya menjalin kerjasama dengan dengan Universitas Selangor Malaysia, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali menjalin kerjasama strategis dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Bukalapak dan Dinas Koperasi dan UKM NTB.

Penandatangan kerjasama tersebut berlangsung diacara taaruf mahasiswa UNU. Direktur Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta Dr. Amelia Fauzia, dihadapan mahasiswa mengatakan, kerjasama dilakukan merupakan kerjasama yang bergerak dibidang riset Digital.

“Meski demikian, kerjasama riset tersebut bukan sekedar riset semata, tapi juga mengusung misi besar, bagaimana melakukan pemberdayaan terhadap perempuan secara terus menerus” kata Fauzia di Mataram, Kamis (29/8/2019).

Fauzia yang juga pengembang talenta milenial ini menambahkan, 15 mahasiswa UNU NTB tahun ini terpilih sebagai peserta Training Of Triner (TOR) yang akan mendapatkan bimbingan langsung dari dari pakar di bidang ini.

“Kita berharap, mahasiswa UNU bisa mendampingi masyarakat dalam transisi perubahan dan konvensional ke digital, baik di bidang entrepreneurship, tekhnik ataupun manajemen” Ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi Dan UKM NTB. H. Lalu Saswadi mengatakan, peran perempuan, khususnya di NTB dalam bidang enterpreneurship harus terus didorong, supaya bisa berdaya dan mandiri, tidak saja oleh pemerintah, tapi juga oleh kampus.

Kampus sebagai tempat bersemainya kaum intelektual tidak boleh absen untuk mencetak mahasiswa yang disamping cerdas secara intelektual juga cerdas entrepreneurship dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Kampus jangan lagi meluluskan pengangguran, bahkan kalau bisa sebelum wisuda mahasiswa UNU NTB sudah bergerak di dunia entrepreneurship” Tandasnya.

Pemerintah NTB siap mendukung kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang berlangsung di UNU NTB.

Acara Pembukaan taaruf mahasiswa UNU ditutup dengan louncing bank sampah UNU NTB dan Pembatasan penggunaan plastik sekali pakai. Selain menjalin kerjasama dengan UIN Jakarta, Bukalapak dan Diskop NTB, UNU juga menandatangani MoU dengan Kementerian Dalam Negeri, Ford Foundation, PLUT KUMKM NTB.

Acara ditutup dengan kegiatan stadium general oleh Prof H. Amidi bin Abdul Manan yang merupakan Dekan Pembangunan Pelajar Dan Jaringan Komuniti Universiti Selangor Malaysia.

Tags
Selengkapnya
Cek juga
Close
Back to top button
Close