AgamaHeadline

Akhdiansyah; Pancasila Harus Terus Dijaga Sebagai Pemersatu Bangsa

MATARAM, QOLAMA.COM | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Provinsi Nusa Tenggara Barat yang juga Sekretaris Wilayah DPW PKB NTB, Akhdiansyah mengemukakan, keberadaan Pancasila harus terus dijaga dan dipertahankan sebagai pemersatu bangsa. Hal tersebut dikemukakan Akhdiansyah ketika menjadi pembicara diskusi aspek hukum pelarangan gerakan Khilafah anti Pancasila di aula kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), Rabu (2/10/2019). “Sebagai Idiologi bangsa yang terbukti telah mempersatukan banyak perbedaan dan keberagaman bangsa Indonesia, menjadi tanggungjawab bersama untuk terus menjaga Pancasila dari ancaman Idiologi lain” kata mantan aktivis Lembaga Studi Kemanusiaan (LeNSA) tersebut. Dikatakan, sejak era reformasi dengan terbukanya kran kebebasan banyak Idiologi bisa berkembang bebas dengan mengatasnamakan demokrasi, termasuk faham khilafah sebagai Ideologi yang hendak menggantikan Idiologi pancasila sebagai Ideologi bangsa.

Gerakan tersebut bahkan makin masif semenjak era reformasi, dengan dibukannya kran kebebasan demokrasi dan sekarang merupakan akumulasi. Kebijaka sejumlah kepala daerah mengeluarka perda, seperti Perda zakat, Perda miras, wajib jilbab dan ngaji. Idiom agama menjadi seksi secara politik.

“Faham dan idiologi yang bertentangan dengan Pancasila, termasuk faham khilafah bahkan sudah menguasai institusi pendidikan, sejak kecil sudah ditanam terkait pemahaman khilafah termasuk lingkungan perguruan tinggi” katanya. Penyebaran faham tersebut bahkan cukup sistematis. Dalam konteks sosialogi agaman, ada romantisme histori yang hendak dibangun kembali kelompok – kelompok Islam radikal, padahal itu ilusi, dalam catatan sejarah khilafah tidak ada yang berhasil

1 2 3Laman berikutnya

Cek juga

Close
Back to top button
Close