EkbisHeadline

Bidik Pasar Internasional, SDM Pelaku UMKM NTB Diperkuat.

MATARAM – QOLAMA.COM | Untuk terus mendorong peningkatan penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM perlu terus Diperkuat.

“Kalau ingin bisa banyak rambah pasar i ternasional, SDM pelaku UMKM perlu terus Diperkuat, baik dari sisi peningkatan kualitas produk maupun strategi pemasaran” kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Senin 24 Februari 2020.

Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku UKM di NTB bertujuan untuk mengasah kemampuan memasarkan produk dan membangun jaringan bisnis, untuk mengikuti pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Serikat.

Ia pun berharap, pelatihan dilaksanakan bisa semakin meningkatkan SDM pengrajin UMKM. Sehingga meningkatkan kualitasnya untuk mampu bersaing di pasar Internasional, dengan kulaitas yang berkelas internasional pula.

Pengrajin UMKM harus dapat memanfaatkan perkembagan IT sebagai media untuk publikasi produk dan memasrkan produk.

“Manfaatkan pasar online yang sedang diminati oleh konsumen dunia, agar cepat dan mudah mereka melihat produk yang dipasrkan,” pesan politisi PKS tersebut.

Pelatihan ini juga merupakan proses seleksi (kurasi) peserta untuk pameran dagang dan kriya tersebar di Amerika Serikat yakni New York NOW (NYNOW) tahun 2020. Pameran kriya dan dagang terbesar di AS ini menghadirkan lebih dari 2.500 peserta pameran dan mendatangkan lebih dari 25.000 buyers dari seluruh dunia.

Kepala Dinas Koperasi NTB, H. Lalu Saswadi, mengungkapkan Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 40 peserta yang telah diseleksi oleh Dinas Koperasi UKM (Diskop) NTB, bersama Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Pariwisata, dan Bank Indonesia. Jenis komoditi yang akan dipasarkan sendiri berupa ,tenun, mutiara, ketak, dan batok kelapa, yang mana merupakan produk kerajinan tangan/homemade yang ramah lingkungan.

“Kerajinan Homemade yang ramah lingkungan memiliki pasar tersendiri di dunia. Dan kita optimis produk kita dapat bersaing,” jelas Lalu Saswandi.

Terkait kuota peserta yang akan mewakili NTB di New York NOW, Saswadi mengaku tak bisa memastikan dikarenakan, hal tersebut merupakan pilihan langsung kurator KJRI.

“Nantinya acara ini tak hanya memilih UKM yang akan mewakili NTB di pasar Amerika tetapi UKM yang tidak terpilih pun akan terus dilatih oleh KJRI,” tambahnya.

Sementara itu, Kurator asal New York, Jennifer Isaacson mengakui perajin IKM di NTB memiliki potensi yang mumpuni untuk berkompetisi di pasar Amerika. Tahun 2020 ini, merupakan tahun pertama pihaknya bekerja sama dengan Pemprov NTB.

“Saya berharap dalam seleksi ini dapat dipilih beberapa produk yang merepresentasikan NTB di Amerika Serikat,” tandasnya.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button