HeadlineKesehatanLombok Tengah

Cegah Corona Masuk NTB, BIL Tingkatkan Pemeriksaan Kesehatan Penumpang.

LOMBOK TENGAH – QOLAMA | Sebagai langkah antisipatif mencegah penularan virus Corona Masuk Provinsi Nusa Tenggara Barat, pihak Angkasa Pura, Bandara Internasional Lombok (BIL) terus berupaya meningkatkan pemeriksaan kesehatan setiap penumpang, terutama penumpang yang datang dari luar NTB.

“Guna mencegah masuknya virus corona ke Indonesia, PT. Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan pemeriksaan kesehatan penumpang di 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I, termasuk diantaranya BIL” kata Communication and Legal Manager Lombok International Airport (BIL) l Nyoman Siang, Senin 3 Februari 2020.

Pihak BIL, kata Nyoman, bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terus meningkatkan pemeriksaan kesehatan penumpang baik penumpang domestik maupun penumpang internasional menggunakan alat thermal scanner yang telah terpasang di area kedatangan domestik maupun area kedatangan internasional.

Alat thermal scanner berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang, jika terdapat penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh 38 derajat celsius atau lebih maka penumpang tersebut akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh KKP.

“Tapi bukan berarti penumpang yang memiliki suhu tubuh 38 derajat celsius atau lebih pasti terjangkit virus corona, penumpang tersebut masih berstatus suspect yang akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut” katanya.

Selain penggunaan thermal scanner, petugas frontliner Bandara juga telah diwajibkan untuk memakai masker, kacamata, dan sarung tangan saat bertugas.

Monitoring juga dilakukan terkait kesiapan dan pelayanan personil KKP untuk memeriksa kesehatan penumpang. Selanjutnya, BIL juga akan berkoordinasi dengan KKP terkait simulasi penanganan penumpang suspect virus corona sesuai dengan SOP yang telah disepakati.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button