EkbisHeadline

Jadi DSP, KEK Mandalika Harus Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat.

LOMBOK TENGAH – QOLAMA.COM | Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika jadi satu dari lima kawasan yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). Penetapan tersebut sebagai salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat sekitar kawasan.

“Harus mampu dorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, termasuk tumbuhnya pariwisata desa” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary di acara Webinar “Sport Tourism Mandalika: Kuatkan Ekonomi Bersama” di KEK Mandalika, Kamis 11 November 2021.

Apalagi dengan keberadaan sirkuit MotorGP, dimana terdapat dua event olahraga internasional yang akan dilaksanakan di Mandalika, yaitu World Superbike (WSBK) dan MotorGP, termasuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang telah masuk Calender of Event NTB.

Dimana kegiatan World Superbike (WSBK) Indonesia 2021 di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dijadwalkan pada 19-21 November 2021 mendatang yang merupakan seri ke-13 pada musim ini.

Seri di Mandalika ini sangat penting karena akan menjadi sarana penentuan juara antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiloglu.

“Semua event tersebut diharapkan mampu membawa manfaat ekonomi yang besar bagi The Mandalika dan Indonesia antara lain penciptaan lapangan kerja langsung, memberikan tambahan investasi lokal, serta menambah jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia” Septriana.

Dijelaskan, selain pembangunan perekonomian Kawasan DSP, Pemerintah juga terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan mendorong masyarakat di sekitar kawasan DSP Mandalika, NTB agar berperan aktif dalam mengembangkan pariwisata.

Salah satunya desa wisata, termasuk melalui peningkatan kapasitas dalam menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) yang akan menjadi kebutuhan wisatawan di era adaptasi kebiasaan baru.

“Pencanangan Mandalika sebagai salah satu DSP juga direspon oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan menetapkan 99 Desa Wisata” tutupnya.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button