EkbisHeadline

Kembangkan Startup Bisnis, Milenial NTB Dapat Pelatihan Dari SWI

MATARAM – QOLAMA.COM | Sebagai upaya mengembangkan startup busines di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Startup weekend Indonesia memberikan Pelatihan kepada milenial Indonesia.

Startup weekend Indonesia (SWI) sendiri merupakan gerakan global yang telah merambah berbagai negara dibelahan dunia. Di Indonesia telah menyasar sebelas daerah dan kota besar yang dinilai memiliki SDM unggul dalam bidang teknologi informasi.

NTB merupakan salah satu daerah yang dianggap sudah bagus dalam bidang teknologi, dimana Lombok dipilih sebagai pusat untuk melatih, mengembangkan dan mempertemukan para talent, interpreneure dan adviser untuk bersama-sama mengembangkan startup bussiness.

“Kami lihat di NTB telah tersedia ekosistem digital yang memadai. Juga NTB didukung potensi SDM di bidang IT yang cukup banyak. Sehingga jika ini didorong dan difasilitasi, akan dapat berperan aktif dan berkontribusi besar mengatasi permasalahan pembangunan di NTB,” ungkap Founder Startup Weekend Indonesia-Lombok, Indria Trisna Puspita, di sela-sela puncak pelatihan dan presentasi 12 startup busines hasil karya 43 peserta pelatihan perdana Starup Weekend Lombok, di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB di Mataram, Minggu (01/12-2019).

Menurut Indria, animo dan antusiasme masyarakat NTB mengembangkan startup businnes cukup tinggi, dimana semangat dan ide-ide bisnis milenial NTB, sangat bagus.

Terbukti dari kegiatan pertama ini, kata indria, tercatat 73 orang peserta yang mendaftar secara online. Namun yang hadir mengikuti pelatihan dan memformulasikan ide bisnisnya kedalam rancangan startup bisnis sebanyak 43 orang, dibagi kedalam 12 kelompok.

“Padahal kegiatan ini bukanlah gratisan, saat mendaftar peserta juga diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran. Hal itu semata-mata untuk melihat semangat dan keseriusan dalam mengembangkan usaha bisnis, tai antusiasme masyarakat luar biasa” katanya.

Biasanya sesuatu yang gratisan, jarang yang awet atau berlanjut pada usaha bisnis yang berkembang baik. Program pelatihan Startup Weekend Lombok diharapkannya akan terus berlanjut, minimal dilaksanakan setiap 2 bulan sekali.

Plt Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, startup weekend sejalan dengan program unggulan Gubernur NTB bidang industrialisasi dan pembentukan 1000 wirausaha muda, terangnya.

Gde memastikan startup weekend akan terus dikembangkan untuk menjaring talenta-talenta Wirausahasa muda di kalangan milenial NTB.

“Tadi kita sudah mengikuti presentasi dari para peserta, tentang gagasan bisnis yang ingin dikembangkannya. Semuanya bagus dan bersentuhan langsung dengan potensi NTB. Tapi harus dikonkritkan lagi dan bisa diimplementasikan dalam bentuk usaha bisnis yang menguntungkan,” terang Aryadi

Melalui event ini, langkah itu sudah mulai nampak dari semangat generasi-generasi NTB melalui karya dan gagasan cemerlang. Sudah Ada 12 startup yang diciptakan oleh para peserta, dan tiga yang ditetapkan sebagai juara.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button