AgamaHeadlineLombok TengahPendidikanTokoh

Kiprah Dakwah Alumni Sukorejo Situbondo di Pulau Lombok

PRAYA, QOLAMA.COM | Sejumlah alumni pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo mulai menunjukkan kiprahnya di masyarakat dengan menjadi pendakwah di pulau Lombok. Dua diantaranya yakni TGH lalu Supardan Kholil dan Ustad Muhammad Ihsan. Dua penceramah ini bahkan akhir-akhir ini mendominasi konten youtube dengan ceramah-ceramahnya yang lucu dan berhasil membuat jama’ahnya terpingkal-pingkal.

TGH Lalu Supardan Kholil, S. Ag adalah alumni tahun 1992, terhitung dua tahun setelah meninggalnya KHR As’ad Syamsul Arifin pengasuh kedua ponpes ini. Pria asli Praya ini bahkan mendapat didikan langsung KH As’ad saat itu ketika santri dari Lombok masih sangat sedikit. Tuan Guru ini mulai aktif berceramah tak lama setelah ia pulang dari pondok tahun 1992.

Sementara itu Ustad Muhammad Ihsan merupakan alumni tahun 2010. Ihsan termasuk alumni yang cukup muda karena saat ini usianya baru menginjak 29 tahun.

Ustad Ihsan menceritakan, ia hobi berceramah sejak pertama kali masuk pondok. Ia mengaku aktif mengikuti berbagai macam musabaqah / perlombaan yang diadakan pondok saat acara-acara besar islam dan ulang tahun pondok pesantren.

“Saya ikut hampir semua lomba, mulai lomba Qiro’ah sampai lomba pidato” Jelas Ustad Ihsan dalam sebuah kesempatan.

Selain TGH Lalu Supardan Kholil dan Ustad Muhammad Ihsan, terdapat seorang lagi alumni Ponpes Salafiyah-Syafiiyah Situbondo yang bersinar yakni TGH Ibnu Kholil. Ia alumni sekitar tahun 2000.

Keaktifannya berceramah ke seluruh kabupaten dan kota di NTB berhasil menghantarkannya menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 untuk Daerah pemilihan NTB.

“Ini barokah pondok” Ujarnya beberapa waktu lalu saat mengisi pengajian di Janapria. []

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cek juga
Close
Back to top button