HeadlineKesehatanMataramSumbawa

Ny. M Positif Covid-19; Naik Bus Damri, Sempat Dibesuk 16 Orang Siswanya

MATARAM, QOLAMA.COM | Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengkonfirmasi bahwa pasien perempuan asal Kabupaten Sumbawa yang saat ini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Provinsi Manambai Abdul Kadir (RSMA) Kota Sumbawa Positif suspect Covid-19.

“Berdasarkan notifikasi yang dikirim dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, telah terkonfirmasi seorang penderita COVID-19, perempuan berusia 44 tahun, berinisial Ny M penduduk Kabupaten Sumbawa,” kata Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah di Mataram, Rabu.

Sebelumnya diketahui, Pasien berinisial Ny. M (44) tahun tersebut adalah salah satu kerabat dekat dari Pasien No 01 asal Aikmel Lombok Timur.

Dikutip dari nusramedia.com, pasien Ny. M diketahui pada tanggal 11 maret 2020 pernah berobat di Puskesmas Aikmel Lotim dengan keluhan demam dan pilek serta batuk.

Tiga hari berikutnya tanggal 14 Maret 2020, dalam kondisi yang kurang sehat, ia memutuskan mudik ke Pulau Sumbawa menggunakan Bus Damri jurusan Ropang. Setiba di Kecamayan Utan, ia sempat berpindah Bus dan Naik PO Yudi Jaya menuju Kecamatan Lunyuk.

Dua hari berada di Rumahnya di Lunyuk, Senin 16 Maret 2020 ia memeriksakan dirinya di Puskesmas Lunyuk karena merasa tidak enak badan, jantung berdebar dan tensinya naik serta terasa flu yang semakin berat.

Selasa 17 maret 2020, Ny.M akhirnya di infus di rumahnya dan badannya mulai lemas dan dadanya sesak. Sampai pada Jum’at 20 Maret 2020 ia melakukan kontrol tensi di Puskesmas Lunyuk.

Karena indikasi penyakitnya mirip suspect Corona, Puskesmas Luyuk akhirnya merujuk Ny. M ke Rumah Sakit Manambai Abdul Kadir (RSMA) Sumbawa Rabu siang 25 Maret 2020. Namun, sehari sebelumya pada 24 maret 2020 Ny. M sempat dijenguk oleh 16 siswa-siswinya dirumahnya.

“Penderita diketahui saat ini semakin membaik. Menunggu hasil tes negatif sebanyak dua kali, sebelum bisa dipulangkan ke rumah.” Tulis Zul dalam Rilisnya.

Terkait dengan bertambahnya jumlah pasien Positif Covid-19 di NTB ini, Gubernur NTB mengharap masyarakat agar tetap tenang, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dan mengurangi aktivitas di luar rumah.[]

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button