NewsPolitik

Pemprov NTB Raih Predikat Badan Publik Informatif

MATARAM – QOLAMA.COM | Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meraih predikat sebagai badan publik informatif, dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Pusat RI, Rabu, 25 November 2020.

Ketua KI NTB, Ajeng Roslinda Motimori mengaku bangga atas keberhasilan NTB kembali meraih predikat informatif dua tahun secara berturut-turut. Terlebih ditahun lalu, NTB sukses meraih predikat informatif setelah di tahun sebelumnya terkena musibah bencana alam. Begitu pula di tahun ini, dimana seluruh daerah mengalami permasalahan serupa yakni Covid-19.

“Untuk mempertahankan predikat informatif tidak gampang dan banyak contoh provinsi lain juga yang terjun bebas, ini kerja yang luar biasa dari Pemprov NTB dan Tim PPID utama untuk bisa mempertahankan informatif tadi,” ungkapnya.

Ajeng memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerjasama dan komitmen seluruh pihak dalam hal keterbukaan informasi publik di NTB. Kedepannya, Ia berharap segala ikhtiar yang dilakukan dapat menuai hasil yang lebih maksimal.

Dikatakan, dari awal Pemprov NTB menjadikan pemerintahan yang terbuka dan transparan itu menjadi sebuah semangat, dan itu dibuktikan dengan dua tahun berturut-turut menjadi badan publik provinsi informatif.

“Dengan ini, Pemprov NTB telah berhasil meraih predikat informatif dua tahun berturut-turut, setelah ditahun sebelumnya berhasil meraih pencapaian serupa” kata Ajeng

Pemprov NTB menduduki peringkat empat menyusul Pemprov Jawa Tengah, Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat yang bertengger diperingkat satu sampai dengan tiga. Predikat informatif diraih Pemprov NTB dengan capaian nilai 97,29.

Adapun kategori yang yang diperlombakan pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020, antara lain, Kategori Kementerian, Kategori Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian,

Kategori Lembaga Non Struktural, Kategori Pemerintah Provinsi, Kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Kategori Partai Politik.

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin mengapresiasi Badan Publik yang telah serius mengupayakan keterbukaan informasi publik demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi.

Ia mengucapkan selamat kepada Badan Publik yang berhasil meraih predikat informatif atas pencapaian yang begitu luar biasa. Sementara bagi Badan Publik yang masih dalam kualifikasi cukup informatif bahkan tidak informatif, Ia memberikan semangat agar senantiasi terus meningkatkan pelayanan dan keterbukaan informasi bagi masyarakat.

“Saya berpesan agar terus melakukan akselerasi dan perbaikan implementasi keterbukaan informasi publik dengan mengaplikasikan secara konsisten nilai-nilai transparansi akuntabilitas, inovasi serta partisipasi kedalam setiap aspek pelayanan informasi kepada publik,” ucapnya.

Wapres juga menyampaikan sejumlah hal pokok terkait pentingnya keterbukaan publik yang tertuang didalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Ia berharap, adanya keterbukaan informasi akan membuat masyarakat dapat semakin terlibat aktif dalam proses pembuatan kebijakan publik.

“Kebijakan yang inklusif dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting terlebih bagi generasi mendatang yang semakin dinamis dan melek teknologi dan informasi,” tutur Wapres.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia terus menjalankan komitmen sebagai salah satu negara yang mengutamakan keterbukaan serta transparansi publik dalam menjalankan pemerintahan atau yang dikenal sebagai Open Government.

Terakhir, Wapres mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama melawan penyebaran hoaks yang akhir-akhir ini begitu marak ditengah masyarakat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, sinergi dan kekompakan semua pihak disebutnya menjadi kunci untuk melawan segala dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19.

“Kepada masyarakat luas saya mengimbau untuk terus berpartisipasi dalam menggunakan hak atas informasi serta turut mengawal setiap proses formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah,” ajak Wapres.

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button