HeadlineLombok TimurPertanian

Petani Pemongkong Dapat Pelatihan Sekolah Lapang (SL) Petani

LOTIM, QOLAMA.COM | Dua puluh lima petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Suke Rede 2 Dusun Serumbung Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru mendapat kesempatan mengikuti Sekolah Lapang (SL) Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) pada hari Senin (02/03/2020).

Staf lapangan IPDMIP Lombok Timur Jaswadi, SP mengatakan, Sekolah Lapang (SL) Petani ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani dalam melakukan kegiatan budidaya dan pengelolaan usahatani mereka.

“25 Warga yang kita latih ini berada di Wilayah Daerah Irigasi (DI) Penendem. Sehingga mereka perlu ditingkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilannya” Ungkap Jaswadi.

Disamping itu, SL juga berupaya meningkatkan kemampuan dan kesadaran petani dalam memanfaatkan lahan usahataninya secara produktif; baik
dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri petani mengadopsi praktek-praktek budidaya dan pengelolaan usahatani yang lebih baik. Juga membangun kemandirian petani dalam pengelolaan proses pembelajaran dari, oleh, dan untuk petani terutama tanaman pangan.

“Target kita, setelah SL ini produktivitas mereka khususnya padu dapat meningkat minimal 50%, dan intensitas tanam meningkat minimal 25%” Jelasnya.

Secara terpisah, Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Lombok Timur, Muhrim Rajasa mengpresiasi kerja tim IPDMIP Lombok Timur selama ini.

“Kami bersyukur, kegiatan ini dilaksanakan secara tepat. Petani kita mendapatkan banyak ilmu mulai dari sistem penangkaran benih, Pengolahan lahan, penanaman, perawatan, hingga panen dan pasca panen,” Ujar Muhrim.

Hadir dalam kegiatan SL ini Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Penyuluh dan Pendamping kegiatan IPDMIP, Kepala UPTPP Kecamatan Jerowaru, Kepala Wilayah Kekadusan Serumbung, Penyuluh Pertanian Desa Pemongkong, Koordinator Penyuluh Kabupaten.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button