HeadlineKesehatanLife Style

Tahukah Anda, Liburan Memilik Manfaat Sangat Besar Bagi Kesehatan Mental.

QOLAMA.COM | Liburan atau rekreasi merupakan salah satu kegiatan paling disukai banyak orang, mulai dari masyarakat biasa sampai masyarakat yang kesehariannya disibukkan dengan berbagai rutinitas pekerjaan yang membutuhkan liburan atau refresing sangat menyukai dan membutuhkan kegiatan liburan, agar tidak setres.

Liburan, selain sebagai sekedar hiburan menikmati keindahan pemandangan alam maupun pantai, juga memiliki beragam kelebihan, terutama bagi kesehatan mental, terutama agar tidak stres. Sebab tanpa disadari, kesibukan atau rutinitas cukup tinggi bisa memicu stress berkepanjangan. Salah satu cara untuk menghentikan stress sejenak adalah dengan berlibur.

Sebagaimana dikutif dari portal hellosehat.com, kesehatan mental merupakan hal pertama kali mengalami gangguan saat anda mengalami stress, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Stress juga berdampak terhadap munculnya depresi dan penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas akibat merasa kelelahan dengan rutinitas yang dijalani.

Salah satu penelitian di Wisconsin menunjukan risiko depresi yang lebih tinggi  ditemukan pada individu yang melakukan liburan kurang dari dua tahun satu kali. Selain itu, penelitian lainnya dari Universitas Pittsburgh menunjukan melakukan kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif.

Sementara bagi kesehatan fisik secara keseluruhan. Peneliti dalam bidang imunitas, Prof. Fulvio D’Acquisto (seperti yang dilansir dailymail) berpendapat suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik.

Selain imunitas, berlibur juga baik bagi kesehatan jantung karena dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stress. Hal ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian, salah satunya Frammingham Heart Study yang menunjukan seseorang yang rutin berlibur memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami penyakit jantung koroner dan mengalami kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan kondisi kardiovaskuler.

Berlibur tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama atau dengan berpergian jauh, namun dapat dilakukan dengan menggunakan waktu untuk menenangkan diri dan pikiran, seperti melakukan aktivitas di luar ruangan atau mengerjakan hobi yang tidak bisa dikerjakan saat Anda bekerja. Meskipun efek relaksasi mungkin hanya dirasakan sejenak, namun berlibur dapat mengurangi akumulasi waktu Anda saat mengalami stress.

Sumber : hellosehat.com

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button