HeadlineKesehatanLife Style

Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Selama Puasa Ramadhan.

QOLAMA.COM | Menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadhan selama seharian penuh tanpa minum dan makan, tentu mempengaruhi kondisi tubuh menjadi sedikit lemas. Makanan dikonsumsi selama berbuka dan sahur sangat berpengaruh bagi tubuh.

Sayuran dan buah termasuk makanan paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka selama menjalani ibadah puasa. Selain segar, sayuran memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh selama berpuasa.

Namun tahukah kamu jika sayur maupun buah bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan? Menurut Dokter Ahli Gizi Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, sebagaimana dilansir dari situs fimeladotcom menjelaskan ragam manfaat mengonsumsi sayuran dan buah selama bulan puasa, antara lain

Menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayuran bisa menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Sebab, sayur sendiri mengandung serat yang berguna untuk menahan lapar.

Banyak makan sayur dan buah juga membuat tubuh tidak mudah terkena dehidrasi dan memenuhi kebutuhan protein. Buah pisang misalkan mengandung serat cukup tinggi dan kandungan nutrisi baik, mampu membuat tubuh tetap sehat.

Sayuran dan buah juga menjadikan perut kenyang lebih lama. Membuat tubuh menahan lapar hingga 24 jam. Sehingga membuat kenyang lama saat berpuasa.

Mengontrol gula darah

Menjaga konsumsi sayur dan buah selama berpuasa mampu membantu mengontrol gula darah selama puasa. Sehingga terhindar dari hipoglikemi, terutama pada penderita diabetes melitus.

Menjaga daya tahan tubuh

Sayur dan buah bisa menjadi antibodi alami yang baik bagi tubuh. Di mana keduanya berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan segar.

Hal ini karena sayur dan buah mengandung ragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh. Apabila satu bulan kebutuhan buah dan sayur tidak terpenuhi, maka akan mempengaruhi ketahanan tubuh.

Dengan memperbanyak mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah, tentunya kita juga akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa karena stamina tubuh tengah berada dalam kondisi yang optimal. Di samping itu, hindari makan-makanan yang banyak mengandung gas dan bersantan. Makanan tinggi lemak bisa mempercepat pergerakan lambung sehingga lebih cepat kosong

Sumber : Fimeladotcom

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button