HeadlineLingkungan

Sebagian Wilayah Lotim Masih Mengalami Kekeringan.

LOMBOK TIMUR – QOLAMA.COM | Meski sebagian wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah mulai diguyur hujan, tapi sebagian lain sampai sekarang masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan.

Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) misalkan, sampai sekarang masih mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang melanda, mengakibatkan masyarakat mengalami krisis air bersih.

“Cuacanya panas sekali, sampai sekarang belum ada hujan turun, makanya sumur dan embung milik warga pada mengalami kekeringan” kata Kepala Dusun Perenang, Desa Kabar, Lombok Timur, Zainudin 2 Desember 2019.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa harus membeli dari penjual air yang berkeliling menggunakan tangki, termasuk bantuan air bersih dari pemerintah melalui Dinas Sosial maupun Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD).

Dikatakan, biasanya masyarakat mengambil air bersih di desa sebelah, itupun airnya kecil sehingga harus lama menunggu agar bisa penuh satu jerigen.

Ia menambahkan akibat kemarau panjang beberapa bulan terakhir ini membuat sejumlah sumur gali dan sumber-sumber air bersih milik warga mengalami kekeringan.

Suyu salah seorang supir tangki air bersih mengatakan setiap harinya tangki berisi 6.000 liter air bersih di distribusikan disemua desa-desa yang terkena kekeringan.

“kami datang tiga kali sehari di setiap desa yang mengalami kekeringan”.

di Lombok Timur sendiri ada beberapa Kecamatan yang mengalami kekeringan diantaranya ,Kecamatan Sakra, Sakra Timur, Jerowaru

Ditambahkan, selain distribusikan secara langsung ke masyarakat air bersih juga akan diisi di bak umum dan masjid atau mushalla.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button