AgamaHeadlineIqro'Lombok BaratTokoh

17 Karya Monumental ‘Datok Bengkel’ TGH. M. Soleh Hambali

Semasa hidupnya, dikenal sebagai ulama yang yang amat produktif menulis. Setidaknya 17 karya TGH. M. Soleh Hambali berhasil di dokumentasikan. Karya-karya itu membahas berbagai disiplin ilmu mulai tajwid, fiqh, tauhid hingga tasawuf.

YUSUF TANTOWI

Selain dikenal sebagai ulama besar yang melahirkan banyak ulama di Nusa Tenggara Barat, TGH. M. Soleh Hambali (Datok Bengkel) juga dikenal sebagai penulis produktif. Produktifitasnya dalam menulis diakui para tuan guru sepuh di Lombok salah satunya TGH. Ibrahim Kholidi, pendiri Pondok Pesantren Islahudini, Kediri, Lombok Barat.

Tuan Guru Ibrahim mengaku pernah berniat akan menulis kitab manasik haji yang lengkap, mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai setelah pelaksanaan haji. Tapi niat itu belum terwujud, malah kitab yang ingin ditulisnya sudah ditulis lebih dulu oleh TGH.Shaleh Hambali.

Dikutip dari NU Online, TGH Halisussabri salah seorang Zurriyah TGH. M. Soleh Hambali yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel menuturkan, setidaknya ada 17 karya beliau berbentuk kitab dan manuskrip yang telah ditashih oleh seorang nazir atau pemangku bernama Baehaqi Syakbani bin TGH Muhammad Zain Masbagik.

Dr.Adi Fadli dalam bukunya “Pemikiran Islam Lokal TGH.M.Shaleh Hambali, Bengkel” menyebut, 17 karya TGH. M. Soleh Hambali yang berhasil ia dokumentasikan tersebut membahas mulai dari fiqh, tajwid, tauhid hingga tasawuf.

Adapun 17 kitab karya Tuan Guru Bengkel sebagai berikut:

  1. Luqhtatul Jawharati fi Bayanil Ghina Iwalmutaqqirati (selesai ditulis Jumat, 13 Januari 1933).
  2. Permaiduri (1969)
  3. Ilmu Mantiq (1969)
  4. Hidyatul Atfali fi Tajwidi Kalam Ilahil Muta’ali (1934)
  5. Ta’limus Shibyani bi Gahyatil Bayani (1935)
  6. Washiyyatul Mustafa Li Ali Al-Murtadha (1937)
  7. Al-Mawa Izus Shalihiyyati Fil Ahaditsin Nabawiyyati (1945)
  8. Manzharul Amradi fi Bayani Qith A’thin Minal I’tiqadi ( editor, 1949)
  9. Intan Berlian (Perhiasan) Laki Perempuan (1951)
  10. Risalah Kecil Pada Menyatakan Thawaf Perempuan yang Haid atau Nifas (1954)
  11. Jamuan Tersaji pada Manasik Haji (1952)
  12. Cempaka Mulia Perhiasan Manusia (1956)
  13. Bintang Perniagaan pada Kelebihan Perusahaan (1957)
  14. Jalan Kemenangan pada Menyatakan Jalan Taubat yang Sebenarnya (1964)
  15. Tujuh Belas Wirid (Ratiul Barakah) (1965)
  16. Piagama Beserta Ayat Al-Qur’an
  17. Dalilul Haul 

TGH.L.Turmuzi Badaruddin salah seorang muridnya memberikan kesaksian, TGH. M. Soleh Hambali termasuk ulama yang mengamalkan mulazamah wudhu’ (selalu menjaga wudhu’nya) terutama ketika beliau akan menulis.

Baca Artikel Terkait :

TGH. M Soleh Hambali, Pencetak Ulama yang Hilang Dalam Catatan Sejarah

TGH. Soleh Hambali Pembaharu Dari Tanah Sasak

Karomah Datok Bengkel, Melintas di Atas Jembatan Rusak

Datok Bengkel In Memoriam, Soekarno Diberi Tongkat, Hatta Diberikan Kitab

Selain produktif melahirkan pemikiran Islam melalui karya kitab, TGH.Shaleh Hambali juga dikenal sebagai pribadi yang sangat rajin melakukan dokumentasi baik secara tertulis ataupun sekadar dengan lukisan/gambar.

Beliau bahkan memiliki empat orang penulis dan tukang gambar yang sengaja ditugaskan menulis dan menggambar setiap peristiwa yang terjadi kala itu. Empat orang itu masing-masing bernama Asmawi (H.Sya’rani), Hafazah, H. Asya’ari, Ahmad Haramain dan M Syahyun Abdullah.

Bahkan diakui oleh Dr. Adi Fadli dalam bukunya Pemikiran Islam Lokal TGH. M. Soleh Hambali, empat orang ini termasuk menjadi salah satu sumber utama dalam penulisan buku tersebut. Salah satu peristiwa penting yang didokumentasikan para penulisnya itu adalah kedatangan Presiden Ir.Sukarno dan Muhammad Hatta ke Bengkel Lombok yang secara khusus menemui Datok Bengkel di tahun 1950-an. []

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button