NewsPolitik

NTB Raih Penghargaan Provinsi Informatif Ketiga se Indonesia

MATARAM – QOLAMA.COM – Provinsi NTB kembali mseraih penghargaan dalam bidang keterbukàan informasi, sebagai Provinsi Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021.

NTB mendapatkan peringkat 3 Nasional setelah Provinsi Jateng dan DI Nangroe Aceh Darussalam.

“Alhamdulillah NTB mendapatkan peringkat 3 tahun ini, naik dari peringkat 4 tahun lalu” puji Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat menerima penghargaan secara virtual, Selasa (26/10) di Mataram.

Wujud keterbukaan informasi pemerintah provinsi NTB sendiri dibuktikan dengan berbagai capaian dan inovasi serta kolaborasi.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengatakan keterbukaan informasi adakah kewajiban badan publik dan salah satu komitmennya adalah dibuktikan dengan dipilih nya Indonesia menjadi inisiator dalam Open Government Partnership (OGP).

“OGP adalah komitmen untuk mempromosikan transparansi, memberdayakan warga negara, mengurangi korupsi dan memanfaatkan teknologi baru mempeekuat pemerintahan”, ujar Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Wapres juga meminta seluruh badan publik mengembangkan inovasi baru dalam pelayanan informasi publik secara digital.

Ketua Komisi Informasi RI, Gede Narayana memgatakan Indeks Keterbukaan Informasi Publik Indonesia pada 2020 sebesar 68,54 persen termasuk kategori sedang.

Banner IDwebhost

Tahun ini monev KI dilakukan pada 337 badan publik dengan klasifikasi informatif sebanyak 83, menuju informatif 63 badan publik, 54 badan publik cukup informatif, 37 kurang informatif dan 100 badan publik tidak informatif.

“Ada peningkatan dari tahun 2020 namun badan publik tidak boleh berpuas diri dan tetap berupaya melakukan good governance”, ujar Gede.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button