HeadlinePilkada 2020PolitikQolamuna

‘Nyaris Final’ 5 Paslon Akan Mendaftar Ke KPU

Politik Lombok Tengah di tikungan terakhir akhirnya diisi dengan drama Lale Praya ni dan H. Sumum yang kemungkinan akan diusung PKB dan PBB. Dengan demikian. ‘Nyaris final’, kemungkinan lima pasangan calon akan bertarung di Pilkada Lombok Tengah mendatang. Itupun jika Partai Berkarya dinyatakan Sah dukungannya di KPU.

EDITORIAL QOLAMA

Lap-lap terakhir politik Lombok Tengah sangat mendebarkan. Koalisi PKS-PKB yang ‘kempes’ ditengah jalan membuat politik Lombok Tengah berbalik 180 derajat. Terkonfirmasi ke tokoh PKS, plin-plan PKB yang memasukkan nama Lale Surayatni selain Aksar Anshari ke DPP PKB membuat PKS langsung ‘talak tiga’ untuk PKB. PKS membaca gelagat, PKB sebetulnya tak serius mendukung Aksar melainkan ada keinginan tersembunyi PKB memasangkan Masrun dengan Lale.

Manuver mengejutkan lain datang dari PBB. Partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini yang sejak awalnya mengusung Habib Ziadi Tohir tiba-tiba memunculkan nama H. Sumum berpasangan dengan Lale Surayatni.

Munculnya nama Lale membuat PKS tambah yakin partai ini harus memaksa H. Masrun mengganti pasangan dengan Habib Ziadi Tohir yang sudah di tinggal PBB. Untuk mencukupkan kursi, PKS menggandengn PAN, Hanura dan Berkarya.

Sehingga sampai hari ini, 5 Pasangan calon yang ‘nyaris final’ akan bertarung di Pilkada Lombok Tengah masing-masing, Pathul-Nursiah (Gerindera, Golkar, Nasdem, PDIP), Ahmad Ziadi-Aswatara (Demokrat-PPP), Masrun-Habib (PKS, PAN, Hanura, Berkarya) Lale-Sumum (PKB,PBB) dan pasangan Independen H. Saswadi – Dahrum.

Namun demikian, peta politik Lombok masih kemungkinan berubah seiring dengan masih berlangsungnya sengketa dualisme kepemimpinan di DPP Partai Berkarya. Kubu Muchdi PR dan Kubu Tommy Soeharto hingga hari ini masih berpolemik tentang siapa yang berhak menandatangani surat B1KWK untuk pendaftaran ke KPU nanti untuk pasangan yang didukung Partai ini.

Seperti diketahui sebelumnya, Partai Berkarya Kubu Tomy Soeharto telah memberikan SK B1 KWK ke pasangan Pathul-Nursiah sementara Partai Berkarya Kubu Muchdi PR telah memberikan SK ke Masrun-Habib. Dengan demikian, Pasangan Masrun-Habib saat ini dalam posisi kritis. Apakah akan kandas atau tetap melaju diloloskan KPU ? Tergantung keputusan KPU nantinya. Kita tunggu saja.

Diramaikan Pensiunan PNS

Disemua pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Lombok Tengah praksis semuanya di warnai dengan keberadaan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hasil penelusuran Qolama.com, diantara 10 calon yang ada, hanya 3 orang saja yang bukan dari pesniunan PNS yakni Pathul Bahri, Si. P, Ahmad Ziadi dan Habib Ziadi Tohir.

Selebihnya, 4 calon masing-masing Nursiah, Aswatara, H. Masrun dan H. Sumum adalah PNS di Lingkup Kabupaten Lombok Tengah sementara 3 lainnya, Lale, H. Saswadi dan Dahrum keriganya PNS di Lingkup Kabupaten Lombok Barat.

Dengan banyaknya mantan PNS yang akan ikut berlaga di Pilkada Lombok Tengah ini diprediksi akan membuat pertarungan pengaruh di Lingkup Pegawai Negeri Sipil di Lombok Tengah akan berlangsung cukup sengit. Kita tunggu!. []

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button