HeadlineLingkungan

Penuhi Kebutuhan Air Warga, Masyarakat dan Posramil Tambora Lakukan Pipanisasi.

BIMA – QOLAMA.COM | Meski musim hujan di Provinsi Nusa Tenggara Barat telah tiba, tapi belum merata, sebagian wilayah di NTB intensitas hujannya masih rendah, sehinggaasyarakat masih mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Desa Labuan Kenanga, Kecamatan Tambora Kabupaten Bima misalkan masih mengalami kekurangan air bersih. Sebagai solusi warga bersama anggota TNI dari Posramil melakukan kegiatan gotong royong memasang pipa untuk mengalirkan air dari mata air Sori Sumba.

“Sebagian warga terutama di Bima masih mengalami kekurangan air, makanya dilakukan kegiatan Pipanisasi dari mata air yang untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat” kata anggota Koramil 1608-05/Donggo dipimpin Danposramil Tambora Pelda Tasrif, Jum’at (27/12/2019).

Pemasangan saluran pipa air sepanjang 7 kilometer tersebut telah dilaksanakan selama dua bulan, mulai dari persiapan dan pembuatan bak mata air maupun bak pembagian jalur pipa.

Menurut Tasrif, wilayah Kecamatan Tambora sudah mulai turun hujan, namun masih jarang sehingga dari jauh hari sudah dipersiapkan bak penampungan air selain berasal dari sumber mata air Sori Sumba.

“Pemasangam saluran pipa air bersih tersebut merupakan bantuan dari Pamsimas Dinas Perumahan dan Pengairan Kabupaten Bima dan dikerjakan bersama warga,” katanya.

Dikatakan, beberapa desa yang dipasangkan saluran pipa air bersih, antara lain Kampung Doro Lede, Kampung Bali dan Kampung Sambeka Desa setempat.

Terpisah Komandan Kodim 1608/Bima, Letnan Kolonel Inf. Bambang Kurnia Eka Putra disela-sela kesibukannya di Makodim memberikan apresiasi kepada kesigapan personel jajarannya yang mampu melihat situasi dan kondisi desa binaannya.

Dijelaskannya, kekurangan ketersediaan air bersih sebagai salah satu dampak dari rusaknya hutan dan lingkungan. Untuk itu, pihaknya mengajak untuk menyelamatkan dan melestarikan kembali hutan dari kerusakan akibat perambahan atau penebangan hutan secara liar.

“Mari kita kembalikan fungsi hutan untuk kemaslahatan kita bersama,” tandasnya.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button