LingkunganNews

Sampah di NTB Akan Diolah Jadi Bahan Bakar PLTU Jeranjang.

MATARAM – QOLAMA.COM | Pengelolaan sampah dihasilkan masharakat Provinsi Nusa Tenggara Barat tidak lagi akan dibuang ke tempat pembuangan air semata, juga akan diolah menjadi bahan bakar substitusi batubara Pembangkit Listrik Tenaga Udara (PLTU) jeranjang Lombok Barat.

Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, kerjasama pengolahan sampah jadi bahan bakar PLTU Jeranjang, sebagai bagian dari program zero waste yang telah dicanangkan Pemprov NTB.

“Kerjasama yang terjalin antara Pemprov NTB dengan PLN, mungkin terlihat sederhana, tapi sesungguhnya memliki makna yang luar biasa,” kata Rohmi ketika menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB dengan PT Indonesia Power” kata Rohmi di Mataram.

Ia menjelaskan, Pemprov NTB secara sungguh-sungguh melaksanakan program Zero Waste dan memelihara lingkungan, salah satunya dengan mengelola sampah dan menanami hutan yang gundul.

Pengolahan sampah memang harus dilakukan dari hulu ke hilir. Pemprov NTB berupaya bagaimana sampah bisa menjadi berkah, bukan jadi musibah, caranya harus ada teknologi dan usaha yang lebih keras.

“Ini merupakan langkah baru dan terus dilakukan penelitian atau riset untuk kedepan dan benar-benar menjadi solusi pengelolaan sampah di NTB dan Indonesia,” katanya.

Melalui riset tersebut juga diharapkan nantinya aktivitas pengolahan sampah anorganik bisa dilakukan secara optimal sehingga memberi kebaikan bagi lingkungan sekitar. Improvement dari anorganik juga bisa terus diperjuangkan, supaya solusi dari pengolahan sampah bisa diselesaikan bersama.

Harapannya, agar kerjasama ini bisa terus ditingkatkan dan menjadi contoh untuk Indonesia dan membawa berkah bagi semua masyarakat.

Kepala Dinas LHK NTB, Madani Mukarom mengatakan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU Gubernur dengan PLN terkait penelitian dan pengembangan sampah menjadi energi.

Senior Manager PLN UIW NTB, Edison Raja Gukguk menyampaikan PLTU Jeranjang teknologinya dari waktu ke waktu selalu diupgrade dan semakin baik. Terbukti dengan adanya kontrol dalam hal kinerja.

“Demikian juga dengan rencana kedepan untuk memanfaatkan sampah olahan yang bisa digunakan menjadi bahan bakar” katanya

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button