HeadlineKesehatanSosial
Trending

Satgas NU Peduli Covid-19 NTB Sambangi Disabilitas di Genggelang KLU

KLU, QOLAMA.COM | Satuan Tugas (Satgas) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Peduli Covid-19 (Satgas Covid-19 NU NTB) menyambangi penyandang disabilitas di Desa Genggelang, Kabupaten Lombok Utara (KLU) Pada, Sabtu (16/5/2020).

Rombongan Tim Satgas Peduli Covid-19 NU tiba ke Gengelang, Sabtu (16/5/2020) jam 12.00 siang disambut langsung oleh kepala Desa Genggelang Sugianto beserta perangkat desanya.

Ketua Rombongan Tim Satgas Selamet Subroto yang juga Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Provinsi NTB mengatakan, keterbatasan dan kerentanan para penyandang Disabibilitas di NTB sudah lama menjadi perhatian Nahdlatul Ulama.

Dikatakannya, lebih-lebih pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, para penyandang disabilitas itu sangat membutuhkan bantuan karena terdampak langsung secara sosial, kesehatan dan ekonomi.

“Satgas NU Peduli Covid-19 hari ini fokus memberikan dukungan kepada saudara-saudara kita dari kelompok disabilitas ini. Nahdlatul Ulama ingin memastikan mereka mendapat pelayanan yang baik dari negara terutama disaat krisis seperti sekarang ini” Ungkap Subroto.

BACA JUGA :

Badan Ad Hoc Disabilitas KPUD Loteng Dipertanyakan

Pemerintah Diminta Serius Perhatikan Masyarakat Penyandang Disabilitas.

Parah Nian! Pilkada Loteng Belum Ramah Disabilitas.

Karena itu tambahnya, Satgas NU Peduli Covid-19 mengajak semua pihak untuk terlibat membantu dan ikut mengurangi beban mereka baik moril maupun materil.

“Apapun kondisi yang dialami oleh penyandang disabilitas tidak boleh dipandang sebelah mata, mereka adalah saudara kita, punya hak dan kewajiban yang sama, jadi mereka harus diperhatikan” Tegas Subroto.

Sementara itu Kepala Desa Gelanggang Sugianto dalam kesempatan yang sama menyatakan terimakasih sebesar-besarnya kepada Nahdlatul Ulama khususnya Satgas NU peduli Covid[-19, sebab menurutnya, hanya Nahdlatul Ulama yang secara nyata langsung menyentuh warganya yang mengalami Disabilitas sejak menyebarnya Pandemi Covid-19 di Lombok Utara.

“Kami sangat apresiatif kepada NU, disaat orang-orang sibuk berdebat soal data warga miskin, NU justru menyambangi kaum disabilitas di desa kami  dan langsung memberikan bantuan sembako, dan itu sangatlah membantu mereka” Ungkapnya.

Belajar dari pengalaman bencana Gempa yang terjadi tahun lalu, Para penyandang disabilitas memang sering abai dari perhatian publik. Padahal mereka ini kelompok yang paling terdampak jika terjadi bencana sebab keterbatasan mereka baik untuk menyelamatkan diri dan memenuhi kehidupan mereka sehari-hari.

“Keberadaan, peran serta suara mereka sering diabaikan dalam perencanaan pembangunan, lebih-lebih sebagai penerima manfaat pembangunan, ini yang kita sayangkan”. Ungkapnya seraya mengajak para pihak untuk mencontoh apa yang dilakukan NU selama ini.

Satgas NU Peduli Covid-19 NTB adalah gabungan satuan tugas yang terdiri dari pengurus Wilayah, Pengurus Cabang hingga Ranting  NU yang tersebar di 28 Provinsi dan 300 Kabupaten/Kota di Indonesia.  Satgas serempak dibentuk pada 12 Maret – 11 April 2020 terhitung sejak Covid-19 mulai mewabah di Indonesia. Satgas ini melakukan berbagai kegiatan yang bersifat preventif, kuratif maupun aksi-aksi sosial untuk mengurangi dampak sosial-ekonomi yang ditimbulkan Pandemi Covid-19 ini hingga hari ini. []

Pewarta : Yasir Amri
Editor : Jhelliemaestro

Selengkapnya
Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Cek juga
Close
Back to top button